THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Jumat, 04 September 2009

ALKHAWARIZMI & ASAL USUL ALJABAR DALAM MATEMATIKA

Muhammad Ibnu Musa Al Khawarismi (sekitar 825M). merupakan salah satu ahli matematika dari persia terbesar dalam sejarah, ia adalah peletak dasar beberapa cabang dan konsep dasar matematika di abad pertengahan, ia juga terkenal sebagai seorang ahli astronomi dan geografi dan ialah yang paling mempengaruhi pemikiran matematika di abad pertengahan. .teori aljabar adalah penemuan dan buah pikirannya.
Nama Aljabar (Algebra) berasal dari kata Al-Jabr yang terdapat pada judul buku yang ditulis oleh Alkhawarizmi yang terkenal dengan judul Aljabr wa Al Muqabalah. Dari buku ini pula Eropa belajar cabang matematika yang disebut Aljabar. Buku tersebut telah diterjemahkan ke dalam bahasa latin dengan judul Liber Algebrae et Almucabala.
Alkhawarizmi mengembangkan tabel rincian trigonometri yang memuat fungsi sinus, kosinus dan kotangen seta konsep diferensiasi dari pengembangan kalkulus. Ia mengadopsi angka nol (0), sebuah angka yang sangat penting dalam aritmatika dan sistem desimal. Karyanya dalam sistem angka dikenal sebagai Algoritma (Alghorothm/Algorizm). Nama Algoritma ini didapat dari malatinkan nama Al-Khawarizmi menjadi Algorithmi.
Coba bayangkan seandainya agka nol tidak ada akan sangat sulit bagi para ilmuwan untuk mengukur luas bumi, benda langit dan sebagainya. Selain itu, bakal tidak pernah ada kemungkinan nilai 100 di lembar jawaban ujian kita.. hehe..

0 komentar: