THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Kamis, 17 September 2009

MNGEFEKTIFKAN IBADAH DI AKHIR RAMADHAN

Tak terasa kita sudah nyampe di penghujung bulan Ramadhan, untuk itu kita harus memanfaatkan waktu yang tersisa ini untuk memperbanyak amalan kita.
Bagaimana Rasulullah beribadah di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan?

MENINGKAT
Nabi SAW menambah frekuensi ibadah beliau pada al-'Asyrul Awaakhir (sepuluh hari terakhir) di bulan Ramadhan dan bersungguh-sungguh di dalamnya.
'Aisyah RA, menjelaskan, "Rasulullah SAW, sangat bersungguh-sungguh pada al-Asyrul Awaakhir, sesuatu yang tidak beliau lakukan pada selain hari-shari tersebut."(HR. Muslim)

TADARUS ALQURAN
Di sepertiga terakhir Ramadhan, Nabi menyetorkan hafalan  al-Quran kepada malaikat Jibril. Ibn 'Abbas RA bercerita, ".. Jibril AS., menemui beliau SAW., Setiap malam di bulan Ramadhan hingga terakhirnya. Ketika itu nabi SAW.., menetor hafalan al-Qur'an kepadanya (HR. al-Bukhari)
semoga kita diberikan kekuatan oleh Allah SWT agar semakin giat membaca AL-Qur'an di sepertiga terakhir Ramadhan.

ITIKAF
NAbi SAW, beritikaf pada al-'Asyrul Awaakhir dari bulan Ramadhan dan memasang tempat khusus baginya di dalam mesjid seraya menyendiri untuk menghadap Rabb nya meskipun di tengah kesibukannya berdakwah.
Anas RA. BERKATA " Rasulullah beritikaf pada al-Asyrul Awaakhir dasri bulan Ramadhan." (HR. at-Turmuzi.)

Semoga Ramadhan tahun ini tak berlalu dengan sia-sia, tapi membawa perubahan yang berarti buat diri kita dan semoga kita bertemu lagi dengan Ramadhan tahun depan.

(sumber majalah Hikmah edisi 61 dengan perubahan.)

1 komentar:

@ Rusma_Site mengatakan...

ehm...alhamdulillah dah bisa komentar,,wkwkwkwk
sekarang, komentarnya apa yaaa? bingung ??!
sipppp aja dech,,huahaha, ngoment dulu baru baca..^,^